Asal Mula Nama Bekasi




Bekasi. Daerah di Jawa Barat ini memiliki sejarah yang unik. Nama Bekasi sendiri berasal dari kata Candrabhaga, dimana "Candra" berarti bulan, dan "Bhaga" berarti bagian. Jadi, Candrabhaga artinya "bagian dari bulan". Wooh, kece kan ? :v . Dalam bahasa Jawa Kuno sendiri, kata "Candra" disebut "Sasi". Nah, makanya Candrabhaga kadang disebut juga "Bhagasasi" atau "Sasibhaga". Dalam masa penjajahan Belanda, Bhagasasi sering ditulis "Bacassie", makanya dalam pengucapannya sendiri pun, sering disebut juga "Bhagasi". Akhirnya, nama "Bacassie" berubah menjadi "Bekasi" hingga sekarang.

Candrabaga sendiri adalah bagian dari kerajaan Tarumanegara. Ini dibuktikan dengan penemuan Prasasti Tugu, salah satu dari 7 prasasti yang ditemukan di kerajaan Tarumanegara. Ini nih isi prasastinya....

“Dulu kali Candrabagha di gali Purnawarman, Maharaja yang mulia yang mempunyai lengan kencang dan kuat. Setelah sampai ke istana, kali dialirkan ke laut. Istana kerajaan baginda termashur. Kemudian baginda menitahkan lagi menggali sebuah kali. Kali ini sangat indah dan jernih. Kali ini di sebut kali Gomati. Kali ini mengalir melalui kediaman nenekanda Purnawarman. Kali Gomati, (galian itu ) 6.122 tumbak panjangnya pekerjaan ini di mulai pada hari baik, tanggal 8 paro petang bulan phalguna dan disudahi pada hari tanggal ke 13 paro terang bulan Caitra, jadi hanya 21 saja untuk itu diadakan selamatan yang di laksanakan oleh para Brahmana. Untuk selamatan itu Purnawarman menghadiahkan 1.000 ekor sapi”.

Nah, begitulah asal mula nama Bekasi, tempat ane tinggal. Setiap daerah punya sejarah nama yang unik untuk diketahui. Terus cintai daerahmu ya !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar